Marketing
mix 4p
Dalam melaksanakan
kegiatan pemasaran, perusahaan mengkombinasikan empat variabel yang sangat
mendukung didalam menetukan strategi pemasaran, kombinasi keempat variabel itu
dikenal dengan istilah bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk (product), harga (price), distribusi (place) dan promosi (promotion).
Menurut
Kotler & Armstrong (1997:48), “Bauran pemasaran atau marketing
mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat
dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh
perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran”.
“Marketing mix adalah strategi
mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal sehingga
memunculkan hasil paling memuaskan”. (Alma, 2005:205)
Sumarmi dan
Soeprihanto (2010:274) menjelaskan, “Marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang
merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan
distribusi. Dengan kata lain marketing mix adalah kumpulan
dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi
tanggapan konsumen”.
Berdasarkan defenisi
beberapa Ahli, secara umum variabel-variabel Marketing Mix yang utama ada
empat yang di kenal dengan “4P” yaitu :
1. Product
(produk)
Produk merupakan
kombinasi barang dan jasa yang di tawarkan perusahaan kepada pasar
sasaran. Produk tidak hanya meliputi unit fisiknya saja tetapi juga kemasan,
garansi, merek, dan pelayanan purna jual.
2. Price (harga)
Menurut Mc.Daniel Dkk
(2001 : 56 ) harga adalah apa yang harus diberikan oleh pembeli untuk
mendapatkan suatu produk. Harga bukan saja suatu komponen bagi perusahaan untuk
mengembalikan modalnya. Tetapi juga untuk mendapatkan keuntungan dan
menentukan kelangsungan hidup perusahaan.
3. Place (Tempat
)
Tempat menunjukan berbagai kegiatan yang di lakukan perusahaan
untuk menjadikan produk dapat diperoleh dan tersedia bagi perusahaan.
4. Promotion (Promosi)
Mc. Daniel Dkk
(2001:56) mendefinisikan promosi sebagai kegiatan yang menghasilkan informasi,
membujuk, atau mengingatkan konsumen akan manfaat dari suatu produk tujuan dari
melakukan kegiatan promosi adalah:
a.
memperkenalkan produk baru kepada masyarakat.
b. Memperpanjang
masa kedewasaan produk.
c. Menjaga
stabilitas prusahaan dari kemungkinan persaingan.
d. Mendorong
penjualan produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar