Pengertian analisis
SWOT
Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis
yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan
dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai
tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. Baik tujuan tersebut untuk tujuan
jangkan panjang maupun tujuan jangka pendek. Selain itu, analisis SWOT juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk analisa
situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang
sebuah perusahan atau oraganisasi. Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi
sebagai sebagai faktor yang di jadikan masukan. Dan kemudian masukan
tersebut dikelompokkan sesuai kontribusinya masing-masing.
Seperti
yang kita tau, analisis SWOT (Strength Weaknesses Opportunities Threats)
terbagi menjadi 4 bagian yakni:
1. Strenght (S) atau
disebut sebagai analisis kekuatan
Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan
gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang
harus di lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah setiap perusahaan atau
organisasi perlu menilai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki kemudian
dibandingkan dengan para pesaing-pesaingnya.
Misalnya jika kekuatan perusahaan
tersebut unggul didalam kualitasnya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan
untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat kualitas yang lebih baik.
2. Weaknesses (W) atau
disebut sebagai analisi kelemahan
Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan
gambaran kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.
Weaknesses merupakan cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah
perusahaan ataupun organisasi. Yang mana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala
yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
Misalnya jika
perusahaan tersebut terdapat kendala dalam pemasaran yang kurang baik, maka
perusahaan harus meneliti kekurangan-kekurangan yang di miliki yang berhubungan
dengan sektor pemasaran. Agar nantinya permasalahan tersebut tidak membuat
perusahaan menjadi kalah saing dan mudur di bandingkan perusahaan lainnya.
3.
Opportunity (O) atau disebut sebagai analisis
peluang
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan
gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan
gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau
perusahaan dimasa depan. Opportunity merupakan ananlisis yang digunakan untuk
mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun
organisasi bisa berkembang. Baik dimasa kinia ataupun masa yang akan datang.
Misalnya sebuah perusahaan industri minuman berada di daerah yang panas. Yang mana
daerah tersebut sangat membutuhkan minuman segar dengan harga yang terjangkau.
Maka perusahaan tersebut memiliki peluang untuk menciptaka produk minuman yang
segar dan harganya terjanggaku.
4. Threats (T) atau disebut sebagai analisis ancaman
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan
gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan suatu
usaha. Theart merupakan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus
dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi dalam menghadapi berbagai
macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut
dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan. Jika tidak segera di atasi, maka
ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang yang akan
dijalankan.
Misalnya sebuah organisasi kelompok pengrajin rotan di daerah
pedesaan. Dengan kondisi lingkungan yang semakin moderen serta banyaknya
kebakaran hutan yang terjadi membuat mereka semakin sulit untuk memperoleh
bahan baku, Maka oragnisasi tersebut dapat menganalisis hal-hal apa yang
menyebapkan tantangan atau ancaman tersebut terjadi.
Sumber :
http://definisipengertian.net/pengertian-analisis-swot-definisi-dan-manfaat/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar