Pengertian
E-Marketing
1.
Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam
e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses
pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada
pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.
2.
Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow
(2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau
pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan
lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling
memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang
seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas
dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam
internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl
dan Burrow, 2005).
KASUS
DALAM E-MARKETING
Aqua merupakan perusahaan air minum yang telah puluhan tahun
berkembang dengan meningkatkan pelayanan dan kwalitas dari air minum yang di
jual. Karena berasal dari sumber mata air murni di pegunungan maka perusahaan
air minum ini juga didirikan di kaki bukit gunung.
• Slogan
Aqua membuat suatu slogan yang mudah di ingat dan di kenal masyarakat, dengan slogan “air sehat setiap saat” ini ternyata Aqua mampu mendongkrak penjualan yang luar biasa.
Aqua membuat suatu slogan yang mudah di ingat dan di kenal masyarakat, dengan slogan “air sehat setiap saat” ini ternyata Aqua mampu mendongkrak penjualan yang luar biasa.
Inilah
kekuatan sebuah slogan yang bisa memberikan efek bagi penjualan produk. Jika
anda menginginkan penjualan produk yang sama dengan Aqua maka anda bisa membuat
slogan yang bagus dan mudah di ingat oleh banyak orang seperti Aqua.
•
Promosi
Aqua
melakukan berbagai promosi baik melalui media online, media cetak maupun
saluran komunikasi lainnya. Seperti kita ketahui bahwa banyak
sekali iklan produk dengan merek Aqua yang mengisi setiap iklan di televisi,
radio maupun di media cetak. Inilah salah satu strategi pemasaran Aqua yang
dijalankan.
Aqua
juga mensponsori beberapa bidang olahraga dan lainnya untuk mendongkrak
popularitas merek ini agar lebih dikenal masyarakat luas.
• Pelayanan
Pelayanan sangat penting bagi suatu perusahaan kepada konsumennya sehingga Aqua juga memberikan pelayanan yang baik bagi konsumennya di seluruh Indonesia. Melalui distributor Aqua di seluruh Indonesia ini Aqua bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya.
Pelayanan sangat penting bagi suatu perusahaan kepada konsumennya sehingga Aqua juga memberikan pelayanan yang baik bagi konsumennya di seluruh Indonesia. Melalui distributor Aqua di seluruh Indonesia ini Aqua bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya.
•
Packaging yang baik
Packaging juga memberikan dampak luar biasa bagi distribusi Aqua sehingga
penjualan bisa bertambah dari waktu ke waktu.
•
Saluran Distribusi
Aqua memiliki banyak saluran distribusi untuk menyuplai kebutuhan air minum
dengan merek Aqua baik di kota maupun di pelosok. Hampir semua wilayah di
Indonesia sudah ada distributor air minum
ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar